​Akhir-akhir ini banyak pemberitaan yang menyoroti bentrokan antar anggota ormas baik secara berkelompok maupun perorangan. Anehnya perbuatan itu diagung-agungkan digambarkan mewakili keberanian, heroik, seolah pahlawan..Muncul pertanyaan di kepala saya, kenapa kok semakin mengalami kemunduran mental ya? Mengagungkan otot dari pada akal, alias berani-beranian…ya berani berkelahi, berani adu mulut dan sebagainya..

Ada apa gerangan dengan bangsa ini?sesama WNI berkelahi..wah wah..mungkin mau saingan dengan pahlawan cuman ga punya musuh jadinya cari-cari musuh..
Peradaban sebuah bangsa diukur dari bagaimana orang-orang di dalamnya menyelesaikan persoalan..Jika sebentar-sebentar berkelahi, maka itu adalah wujud kemunduran zaman.. 

Budaya premanisme akhir-akhir ini semakin menguat. Dengan dalih mengawal, setiap proses hukum diintimidasi dengan menghadirkan massa agar diputuskan sesuai kehendak kelompoknya, apabila tidak sesuai dikoar-koarkan sebagai tindakan tidak adil..

Seharusnya kita sadar hidup di negara hukum, segala sesuatunya sudah ada aturannya..berani berbuat tentu ada konsekuensinya..