​Wajar jika saat ini banyak ormas Islam yang mengkampanyekan negara Islam, karena sejak awal mereka tidak terlibat dalam pembentukan NKRI.

Lalu organisasi Islam yang mana yang mewakili umat Islam di Nusantara dalam membentuk NKRI? yang pada akhirnya dengan rela hati menanggalkan istilah 7 kata di piagam Jakarta demi mempersatukan Nusantara..

Tercatat dalam sejarah, Tim 9 PPKI yang mewakili golongan Islam adalah H. Agus Salim, KH. Wahid Hasyim, Abikusno dan Abdoel Kahar Muzakkir serta  golongan kebangsaan yaitu Sukarno, M. Hatta, Muh. Yamin, A. Maramis, dan Ahmad Subardjo.
Pertama, H. Agus Salim adalah aktivis Sarekat Islam moderat yang kemudian berevolusi menjadi Partai Sarekat Islam Indonesia dan mendirikan Pergerakan Penyedar.

Kedua, KH. Wahid Hasyim adalah wakil dari Nahdatul Ulama.

Ketiga, Abikusno adalah aktivis PSII aliran keras Abikusno Cokrosuyoso adik HOS Cokroaminoto.

Keempat, Abdul Kahar Muzakkir yang mewakilin Islam Intelektual dari golongan Muhammadiyah.

Melihat organisasi yang mewakili golongan Islam dalam pembentukan NKRI tentu sangat wajar jika saat ini yang berkomitmen terhadap NKRI adalah NU, Muhammadiyah dan Syarikat Islam Indonesia. Masuknya pergerakan Islam dari Timur Tengah pada akhirnya mengubah pandangan generasi berikutnya Umat Islam, sehingga muncul banyak organisasi Islam baru, yang umumnya memiliki ide yang bertenganga dengan NKRI.. Justru saat ini NU cenderung disudutkan dan digambarkan sebagai organisasi yang tidak populer dengan berbagai pembunuhan karakter..