Tahukah anda bahwa Douwes Dekker pengarang buku Max Havelar berbeda dengan Douwes Dekker yang mendirikan Indische Partij??

Mungkin bagi generasi sekolah SD tahun.90 an banyak yang berpikir seperti saya bahwa Douwes Dekker yang ada di buku sejarah itu satu orang yaitu Edward Douwes Dekker alias Multatuli sekaligus salah satu dari 3 serangkai bersama Ki Hajar Dewantara dan Dr Cipto Mangunkusumo. 
Ternyata itu sejarah sesat sodara-sodara..
Pengarang Max Havelar yang memiliki nama pena Multatuli dan Pendiri Indische Partij yang tergabung dalam 3 serangkai, merupakan  2 orang Douwes Dekker yang berbeda. Multatuli bernama asli Eduard Douwes Dekker sedangkan pendiri Indische Partij adalah Dr. Ernest François Eugène Douwes Dekker alias Dr Danudirja Setiabudi. Keduanya memiliki peran penting dalam perjalanan sejarah nusantara, Multatuli mendorong lahirnya politik balas budi, sedangkan Dr Setiabudi merupakan tokoh pergerakan nasional. 

Kedua tokoh ini juga masih memiliki kekerabatan, Multatuli merupakan saudara dari kakek Dr Setiabudi. Well semoga tulisan ini dapat meluruskan pemahaman generasi saya karena sepertinya memang bukunya yang eror..